Pages

KEJARLAH MIMPI KALIAN WALAU SESUSILIT APAPUN ITU...GANBARIMAZU...

Kamis, 03 Mei 2012

250 Perguruan Tinggi Swasta akan Peroleh Dana Bantuan PHP 2012

  
AGUS IBNUDIN/”PRLM”
 
AGUS IBNUDIN/”PRLM”
DIREKTUR Kelembagaan dan Kerja Sama Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemdikbud Achmad Jazidie (kiri) saat press conference mengenai Program Hibah Pembinaan (PHP) Perguruan Tinggi Swasta 2012, bertempat di Gerai Informasi dan Media Kemdikbud Senayan, Jakarta, Senin (30/4). Dia didampingi oleh Plt. Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemdikbud Ibnu Hamad.*
 
JAKARTA, (PRLM).- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan mengucurkan dana bantuan kepada sekitar 250 perguruan tinggi swasta (PTS), tersebar di seluruh tanah air. Pengucuran dana bantuan melalui Program Hibah Pembinaan (PHP) PTS 2012 itu diperkirakan mencapai total nilai Rp 190 miliar.
Direktur Kelembagaan dan Kerja Sama Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemdikbud Achmad Jazidie mengatakan itu dalam press conference di Gerai Informasi dan Media Kemdikbud Senayan, Jakarta, Senin (30/4/12).
“Bantuan yang diberikan dalam PHP PTS 2012 ini merupakan kelanjutan dan perbaikan dari Program Hibah Kompetitif Percepatan Mutu PTS Sehat yang telah dilaksanakan sejak 2008,” ujarnya.
Achmad yang didampingi oleh Plt. Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemdikbud Ibnu Hamad menuturkan, PHP PTS diharapkan akan mendorong setiap PTS untuk menyusun rencana penyelenggaraan perguruan tingginya yang didasarkan pada evaluasi diri yang didukung dengan informasi akurat dengan mengacu ke masa depan.
“Dari tahun ke tahun jumlah proposal yang diterima dan juga anggaran yang disediakan terus meningkat. Hingga 2011, sejak program ini diluncurkan pada 2008, sudah ada 948 PTS yang menerima dengan total anggaran mencapai Rp 573,72 miliar,” katanya.
Berdasarkan catatan, pada 2008 total bantuan sebesar Rp 122,90 miliar, pada 2009 total bantuan Rp 109,23 miliar , pada 2010 total bantuan Rp 152,20 miliar, dan pada 2011 total bantuan Rp 189,39 miliar.
Pada 2012 ini, hingga batas akhir pengiriman proposal pada awal Maret 2012, telah diterima sebanyak 878 proposal.
Mengenai rencana pengumuman PTS-PTS yang menerima dana bantuan, semula direncanakan pada 27 April 2012, tetapi ditunda hingga 7 Mei 2012 mendatang. “Kami akan umumkan secara terbuka. Pengumuman hanya dilakukan melalui website (www.dikti.go.id),” katanya.
Dia menuturkan, program ini bertujuan untuk mendorong terwujudnya perguruan tinggi yang mandiri, sehat, dikelola dengan prinsip-prinsip tata kelola yang baik atau “good university governance”, berorientasi pada peningkatan mutu, transparan, dan akuntabel.
Menurut Achmad, pihaknya perlu menjelaskan kepada publik, terutama kepada para pimpinan PTS, terhadap rencana pemberian PHP PTS ini. Hal ini mengingat belakangan beredar banyak surat dan juga oknum yang mengaku dapat membantu segera pencairan bantuan tersebut.
“Kami ingin sampaikan, bahwa untuk penerimaan PHP PTS, tidak pernah sekali pun diluncurkan surat kepada PTS dan juga tidak ada persyaratan administrasi, selain yang sudah diterbitkan dalam buku panduan,” katanya.
Achmad mengaku, sudah menerima puluhan pengaduan terhadap aksi penipuan seperti ini. Oleh karena itu, dia mengharapkan, apabila ada keganjilan dan ujung-ujungnya adalah upaya meminta uang, mohon tidak perlu ditanggapi dan diabaikan saja. (A-94/A-108)***

0 komentar:

Translate